Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Kewanitaan

Rempah Indonesia - Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kewanitaan sudah umum diketahui masyarakat, karena tumbuhan merambat bernama ilmiah piper betle ini sudah sejak zaman nenek moyang dipakai sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti hernia, keputihan, mimisan, sakit mata, memperlancar pencernaan, haid tidak teratur, bronchitis, batuk, asma, sariawan, menyembuhkan luka dan menghentikan pendarahan, sakit gigi, bau mulut, dan bau badan/ketiak.



Sirih hijau adalah tanaman asli Indnonesia, biasanya ditanam sebagai apotik hidup atau sekedar untuk penghias taman. Nenek moyang kita memiliki kebiasaan atau tradisi mengunyah daun sirih yang dicampur dengan buah pinang/jambe, kapur, dan gambir. Di Riau, tradisi mengunyah sirih adalah tradisi yang sangat dijunjung tinggi, terutama pada upacara tradisi penyambutan tamu, sirih menjadi menu utama untuk dikunyah.

Keistimewaan daun sirih hijau (betle vine)  ini dengan berbagai manfaatnya tentu tak lepas dari zat atau senyawa yang terkandung didalam daunnya.  Minyak atsiri daun sirih memiliki kandungan kimia yang penting seperti betlephenol, seskuiterpen, diatase, pati, kavikol, gula dan zat samak. Senyawa aktif ini berperan aktif sebagai obat anti kanker, anti malaria,  anti alergi anti filaria, anti bakteri, anti jamur, insektisida, antioksidan, anti diabetes, gastro-protektif, cyto-toksik, anti-platelet, aktivitas penyembuhan luka, aktivitas klorofilase, kebersihan mulut dan efek anti-asma.

Tanaman obat ini terbukti memiliki potensi sebagai bahan herbal untuk terapi/penyembuhan yang memiliki kelebihan dibanding antibiotik dan obat-obatan medis.




Manfaat Daun Sirih Untuk Kewanitaan

Daun sirih hijau bisa untuk mengobati penyakit keputihan pada wanita, karena senyawa aktif yang terkandung didalam daunnya memeiliki efek anti patogen dan sangat ampuh untuk mengusir kandida/jamur penyebab keputihan. Untuk menggunakannya anda bisa ambil beberapa lembar daun sirih, taruh dalam baskom/ember kecil berisi air lalu gunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan anda.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

Untuk mengobati sakit mata, anda bisa ambil 3-7 lembar daun sirih hijau, cuci dengan air bersih/air mengalir, rendam daun sirih kedalam 1-2 liter air bersih, lalu gunakan air rendaman daun sirih tersebut untuk mencuci mata. Jika anda kesulitan untuk mencuci mata dengan air rendaman daun sirih tersebut, sebaiknya gunakan mangkuk/ember lebar supaya mata anda bisa direndam.


Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah

Anda bisa memiliki wajah indah bersih bersinar dengan terapi daun sirih, karena diketahui daun sirih memiliki kandungan antioksidan dan fovanoid, dua zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah khususnya untuk jenis kulit berjerawat dan berlemak.

Antiseptik dan antibakteri yang terkandung didalam daun sirih sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat membandel, serta membersihkan noda hitam bekas jerawat, wajah anda akan kembali kinclong bersinar.

Selain jerawat, penyebab wajah kusam adalah karena banyaknya debu yang menempel akibat wajah terlalu banyak mengeluarkan lemak. Untuk mencegah hal itu terjadi, biasakan mencuci wajah dengan air rendaman daun sirih hijau dijamin minyak/lemak yang menempel pada wajah hilang, dan debu kotor tak mau lagi singgah.


Obat Mimisan Alami

Daun sirih hijau sangat ampuh untuk menghentikan pendarahan pada hidung akibat mimisan. Beruntung sekali dimasa sekarang, sudah jarang sekali anak-anak terkena penyakit mimisan, beda dengan zaman dulu, hampir rata-rata anak-anak pernah mengalami yang namanya mimisan, untunglah orang tua kita sudah mengenal obat alami mimisan yang ampuh, mudah, murah bahkan gratis tinggal petik sendiri dikebun atau minta pada tetangga. Cara pemaikaiannya pun sangat simpel tinggal ambil daun sirih yang tidak terlalu tua, gulung-gulung supaya pas dengan ukuran lubang hidung, lalu masukkan kedalam hidung sebagai penyumpal, niscaya dalam hitungan menit mimisan berhenti.



Demikianlah uraian mengenai manfaat/khasiat daun sirih untuk kesehatan, kecantikan, dan kewanitaan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, jika suka silahkan bagikan kepada teman, sanak saudara maupun orang-orang yang anda kasihi.

Author

Mas Jay Mas Jay Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment