Obat Sakit Kepala Alami Yang Manjur

Rempah Indonesia - Obat Sakit Kepala Alami mungkin bisa menjadi solusi alternatif yang bisa anda pilih, selain obat generik yang dijual bebas dipasaran, seperti paracetamol, ibuprofen dan aspirin. Ada beberapa type dan jenis sakit kepala, namun yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah jenis tension head, yang diakibatkan oleh ketegangan otat-otot kepala, pundak, leher, dan rahang.




Ada beberapa bahan alami atau herbal yang bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, diantaranya:

Jahe

Salah satu obat sakit kepala alami yang sudah turun temurun diwariskan nenek moyang kita adalah jahe. Khasiat jahe sudah terbukti secara ilmiah bisa meredakan sakit kepala seperti migrain, karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe memiliki zat yang setara dengan sumatriptan, salah satu jenis obat untuk mengatasi sakit kepala migrain.

Kafein

Zat yang banyak terdapat didalam minuman seperti kopi dan teh ini ternyata mempunyai manfaat membantu meredakan sakit kepala. Namun perlu diwaspadai, terlalu berlbeih mengkonsumsi kafein justru malah bisa menimbulkan efek buruk berupa sakit kepala, hal yang sama dialami dengan orang yang kecanduan kafein, lalu putus tidak mengkonsumsi kafein, efeknya seperti nagih.

Cuka sari apel

Atau lebih dikenal sebagai Apple Cider Vinegar diketahui mengandung kalium tinggi, dan ini sangat baik untuk pencegahan terjadinya sakit kepala migrain.
Penggunaannya bisa langsung diminum dengan resep 1 sendok makan sari cuka apel ditambah 1 sendok teh madu murni, tuang dalam segelas air lalu minum, atau anda bisa juga gunakan cuka sari apel untuk kompres dingin pada dahi.

Selain dengan obat-obatan herbal diatas, anda juga bisa melakukan beberapa langkah simpel untuk meredakan sakit kepala yang sedang menyerang, berikut caranya:


Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat bisa mengendurkan ketegangan pada otot, apalagi jika airnya diberi tetesan minyak lavender untuk memberikan impils ketenangan pada syaraf yang tegang, karena selain memiliki aroma segar dan harum, minyak lavender bisa sekaligus membantu mengatur kadar hormon serotonin, yang bertanggung jawab terhadap ketegangan pada otot kepala.

Peregangan

Sakit kepala bisa disebabkan beban otot dan syaraf pada kepala dipaksa kerja terus menerus, sehingga menjadi sangat tegang, untuk mengatasinya anda bisa melakukan peregangan, atau relaksasi, dengan cara menggerakkan kepala keatas, kesamping kiri kanan, dan kebawah, lalu dilanjut dengan menaik turunkan bahu. Lakukan semua gerakan itu dengan durasi 5 detik, dan ulangi setiap 3 hingga 5 kali, lakukan latihan rutin ini 2 kali sehari.


Pijatan

Pijatan lembut pada pelipis , leher, punggung, bahu dan kepala bis amemberi efek positif pada otot dan syaraf dissekitar kepala, jika anda melakukan pijatan ini selama setengah jam, dijamin semua ketegangan diarea kepala akan menurun, anda akan merasakan rileks dan tenang, apalagi jika anda menggunakan minyak essensial yang beraoma tenang untuk memijat, hasilnya akan lebih mantap.

Jika semua cara sudah dilakukan, namun obat sakit kepala alami ini ternyata tidak memberi efek signifikan, sebaiknya anda konsultasi ke dokter, atau jikapun harus terpaksa minum obat bebas, maka perhatikan betul tentang dosis dan aturan pakainya.

Author

Mas Jay Mas Jay Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment